tips pacaran ala islam

hem….mau tau ngak…bahwa kita sebagai umat islam..di larang pacaran….karna akan menimbul
hal2
yang ngak di inginkan..yach…..!!! karna zaman udh berubah..semua nya juga berubah…kamu pasti lah pengen pacaran..punya pasangan kaya manusia umum….nach buat kamu yg pgen pacaran tapi tetap di di dalam norma-norma yg wajar..dan bisa di pandang baik secara agama kamu……
nich ..aku kasih tips pacaran ala muslim..hehehe

1) jaga pandangan
ngak salah sich menatap muka pasangan kita…tapi jgn berlebihan..ntar pikiran kamu
kamu ke mana2,yang ada nambah dosa

2)orang ketiga saat berduaan
yach…. kalau kamu lagi berdua”an…..jg lupa bawa org yg bisa jadi obat nyamuk kamu.
meskipun sedikit risih,tapi kan menjaga itu lebih baik,bawa aja adek kamu,temen kamu..yg
betah
nunggu’in kamu,atau bawa aja ke rumah pasangan kamu.biar lebih seru tuch..ngumpul
bareng keluarga..yach sekalian aja kenalin dia ama family..biar lebih akrab

3)warning pacaran di tempat gelap..atau di tempat sepi
hem….kebanyakan pasangan pegen nya berdu”an..ngak ada yg ganggu..cari2 tempat..yg ngk
ada keramaian..kata nya biar lbih tersasa kalau nich dunia..milik berdua…tapi buat kamu2 jgn
dech…tempat sepi itu lah banyak godaan nya..banyak menimbulkan maksiat nya..bahaya
buat kamu dan pasangan kamu,ikut aja tips ygkedua..cari tempat banyak org. yach di
rumah.atau tempat
yg terang,jgn di tempat gelap ngak enak…g mana mau lihat muka pasangan kita kalau kita
pacaran di tmpat gelap…..ntar bisa2
salah lihat hehehe.

4)kendalikan hawa nafsu
yach….usahin dech..pacaran kamu sehat,ngak usah cinta pakai nafsu..apalagi kalau kamu
seorang muslim..buang jauh pikiran2,ingin ciuman.merangkul,membelai..karna menurut islam
wanita ama laki2 tuch,ngak boleh bersentuhan maksud nya bukam muhrim gitu dech, tau kan
ingat hawa nafsu kita tuch..slalu di kendalikan ama setan.

5) ngak usah sering ketemu
kalau bisa kamu ngak usah sering ketemu…..biar lebih terjaga…yach ketemuan kalau bisa
malam minggu aja..atau pas ada acara keluarga kamu atau pasangan kamu….biar ngk
ketemuan kan
masih ada alat komunikasi…untuk memperat hubungan kalian

6) jagan memandang aurat pacar
nich buat yg cwo..kalau cwe kamu pakai kerudung semua tertutup…dari atas ampe bawa kaki,
yach ngak ada yg di masalahkan..cuma tetap jaga aja pandangan….tapi buat cwe kamu..yg
pakai baju t-shiert atau celana jeans..yg simple..yach jangan ampe para kaum cwo..terlena
melihat aurat cwe kamu..yg sedikit terbuka…plis donk sebagai pemimpin..nasehatin
aja cwe kamu..untuk bisa berpakaian…seperti wanita muslim layak nya….kalau dia punya
hati sebagai cwe muslim..insyaallah dia bakalan ikut nasehat baik dari kamu….

7) jangan menunda-menunda
yach..puncak akhir..buat kamu yg udah merasa enak,merasa dekat,ama pasangan kamu
yach siap2 donk untuk memikir an yg lebih serius,yaitu ke janur kuning alias menikah
hehehe…jagan di tunda-tunda….ntar lama2 bisa menimbulkan dosa

oh…yach kalau kamu ngerasa selama pacaran pernah melakukan hal2 yg berbaur dosa
yach bertobatlah…..ama yg dia atas (allah)karna allah maha penyayang dan maha pengampun
insyaallah allah akan memaafkan hamba nya dari dosa2 yg telah kamu lakukan,
allah itu baik ko.

tips menghadapi ujian nasional

1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.
3. Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

4. Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

5. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
– soal paling sulit
– yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
– memiliki nilai terkecil

6. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mula, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

7. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

8. Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

10. Analisis hasil ujianmu.
Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

pengertian & dampak global warming

Global Warming atau Pemanasan Global adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Semua sumber energi yang ada di Bumi berasal dari matahari. Saat energi tiba di permukaan Bumi, energi berubah dari cahaya menjadi panas yang berfungsi menghangatkan Bumi. Energi itu terbagi menjadi tiga. Sebagian diserap atmosfer Bumi, sebagian dipantulkan kembali, dan sisanya masuk ke Bumi.  Namun, sebagian panas yang terperangkap di atmosfer Bumi karena penumpukan gas-gas seperti uap air dan karbon dioksida. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali energi yang dipancarkan Bumi sehingga panas yang dihasilkan tetap tersimpan di permukaan Bumi. Hal ini terjadi berulang-ulang sehingga menyebabkan peningkatan suhu bumi.

Lalu, apa yang akan terjadi? Kenaikan temperatur atau suhu yang berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan alam dan memberikan pengaruh pada kehidupan di Bumi.

Dampak Terhadap Hewan

Peningkatan suhu membuat lapisan es di Kutub Utara terus menipis. Hal ini menjadi ancaman bagi beruang kutub dan anjing laut. Tanpa hamparan es, beruang kutub harus berenang sangat jauh untuk mencari makanan dan ada kemungkinan tenggelam karena kelelahan. Sama halnya dengan anjing laut yang akan kehilangan tempat istirahat. Sementara, terumbu karang dan biota laut lainnya yang tidak tahan akan air laut yang menghangat juga dapat mengalami kepunahan.

Begitu pula dengan hewan peternakan seperti sapi. Berdasarkan penelitian para ilmuwan, suhu yang memanas membuat betina lebih banyak melahirkan anak-anak sapi jantan. Sehingga jumlah hewan jantan akan lebih banyak dari betina. Jika hal ini terus berlanjut, maka semakin lama akan semakin sulit bagi hewan tersebut mendapat keturunan dan membuatnya di ambang kepunahan. Namun, kenaikan temperatur justru menyebabkan nyamuk cepat berkembang biak dan keinginan untuk menggigit manusia dan hewan lain juga meningkat.

Dampak Terhadap Tumbuhan

Suhu yang menghangat akan membuat tumbuhan mengubah arah pertumbuhannya. Mereka akan mencari daerah baru karena habitat lamanya terlalu panas. Namun, pembangunan kota-kota atau lahan-lahan pertanian oleh manusia akan menghalangi. Sedangkan serangga-serangga yang juga terkena dampak Global Warming akan cepat menyerang tanaman pangan seperti padi sehingga panen akan gagal.

Hal yang lebih membahayakan adalah yang terjadi pada tanah. Tingginya kadar karbon dioksida yang diserap membuat tingkat molekul dalam tanah berubah. Selain memengaruhi kehangatan bumi, hal ini juga dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Kemungkinan terburuk adalah apabila tanah menjadi tidak bisa ditanami lagi. Siapa yang akan kesulitan? Siapa lagi kalau bukan kita sebagai manusia, kan?

Dampak Terhadap Manusia

Pengaruh Global Warming terhadap hewan dan tumbuhan akan turut memberikan dampak pada manusia. Kehidupan manusia bergantung pada ekosistem laut, langsung maupun tidak. Misalnya, garam, makanan laut, hingga kehidupan wisatanya. Saat laut mulai rusak, maka manusia pun akan kehilangan mata pencaharian.

Perubahan panas Bumi yang turut merusak hasil panen akan menyebabkan kelaparan dan malnutrisi pada manusia. Cuaca yang berubah secara ekstrem serta permukaan air laut yang meningkat dapat menyebabkan terjadinya bencana alam seperti badai, banjir, dan kebakaran. Hal ini dapat menyebabkan berbagai wabah penyakit serta trauma bagi manusia. Belum lagi air yang tercemar, serangan nyamuk yang mengganas, hingga polusi udara, semua dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang tidak ringan.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Tentunya sahabat Bravo! sudah tahu kan apa yang harus dilakukan untuk mencegah Global Warming bertambah parah? Nah, untuk mengingatkan, sahabat Bravo! bisa memulainya dengan hal-hal kecil yang biasa sahabat Bravo! lakukan sehari-hari. Misalnya, kurangi pemakaian AC. Tahukah sahabat Bravo! kalau freon yang dihasilkan oleh AC yang menyala telah terbukti merusak ozon sebagai selimut planet ini? Nah, apakah ada yang masih tidur dengan AC menyala sepanjang malam? Mulai sekarang, jika tidak mendesak, gantilah dengan kipas angin. Sahabat Bravo! juga dapat melakukan penghematan kertas. Gunakan kedua sisi lembaran kertas sebelum membuangnya. Menghemat energi seperti mematikan lampu dan mencabut alat elektronik jika sedang tidak dipakai juga merupakan salah satu cara mengatasi Global Warming. Hindari juga kegiatan membakar sampah dan membuang sampah sembarangan.

Lalu bagaimana cara mengurangi penyebab Global Warming, yaitu karbon dioksida yang menumpuk di permukaan bumi? Cara yang paling mudah adalah memelihara pepohonan di sekitar kita. Rawatlah mereka, dan cobalah menanam lebih banyak pohon lagi. Karena satu-satunya cara untuk menyelamatkan bumi adalah menyelaraskan kehidupan kita dengan alam. (Ayu Prameswary)

PENGARUH GLOBAL WARMING

Pemanasan global merupakan proses pemanasan pada bagian atmosfer karena untuk menghangatkan tumbuhan dari suhu yang dingin, sehingga tumbuhan dapat bertahan pada musim dingin. Cahaya matahari yang masuk ke bumi akan ditahan oleh lapisan ozon agar sinar yang masuk ke dalam bumi adalah sinar yang tidak membahayakan bagi makhluk hidup dan lapisan ozon akan mempertahankan suhu bumi agar tetap stabil. Radiasi matahari yang masuk ke bumi dalam bentuk gelombang pendek yang menembus atmosfer bumi kemudian berubah menjadi gelombang panjang ketika mencapai permukaan bumi. setelah mencapai permukaan bumi, sebagian gelombang dipantulkan kembali ke atmosfer. Akan tetapi tidak semua gelombang panjang yang dipantulkan kembali oleh bumi dapat menembus atmosfer menuju angkasa luar karena dihadang dan diserap oleh gas-gas yang berada di atmosfer yang disebut gas rumah kaca. Peristiwa alam ini dikenal dengan efek rumah kaca.

Masalah timbul ketika aktivitas manusia menyebabkan peningkatan konsentrasi gas rumah kaca secara signifikan, sehingga menyebabkan akumulasi panas di atmosfer yang mempengaruhi sistem iklim global. Hal ini menyebabkan naiknya temperatur rata-rata bumi yang dikenal dengan pemanasan global. Pemanasan global pada akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan iklim, atau tepatnya perubahan beberapa variabel iklim seperti suhu udara dan curah hujan.

Enam jenis gas yang digolongkan sebagai gas rumah kaca, antara lain:

  1. Karbondioksida (CO2) yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam).
  2. Metana (CH4) berasal dari areal persawahan, pelapukan kayu, timbunan sampah, proses industri, dan eksplorasi bahan bakar fosil.
  3. Nitrous Oksida (N2O) yang berasal dari kegiatan pertanian atau pemupukan, transporasi, dan proses industri.
  4. Hidroflourokarbon (HFCs) berasal dari sistem pendingin, aerosol, foam, pelarut, dan pemadam kebakaran.
  5. Perflourokarbon (PFCs) berasal dari proses industri.
  6. Sulfurheksafluorida (SF6) berasal dari proses industri.

Perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global akan menimbulkan dampak negatif, antara lain mencairnya lapisan es terutama di kutub utara dan selatan yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Akibatnya, volume lautan meningkat dan permukaannya naik sekitar 9-100 sentimeter sehingga akan menyebabkan tenggelamnya daerah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Perubahan iklim juga akan menyebabkan pergeseran musim. Musim kemarau akan berlangsung lama dan dapat menyebabkan kekeringan, sehingga kebakaran hutan meningkat. Kebakaran hutan akan menyebabkan gas CO yang berbahaya bagi manusia banyak terbentuk dan ikut masuk dalam saluran pernapasan manusia ketika sedang bernapas. Penumpukan gas CO dalam saluran pernapasan akan menyebabkan sesak nafas, sehingga mengganggu kesehatan. Pergeseran musim menyebabkan musim hujan datang lebih cepat dengan kecenderungan intensitas curah hujan yang lebih tinggi sehingga menyebabkan banjir dan tanah longsor. Banjir merupakan luapan air yang melanda suatu daerah tertentu. Luapan air tersebut dapat membahayakan kesehatan manusia, karena di dalamnya terdapat mikroorganisme penyebab penyakit, sehingga dapat menurunkan kualitas air dan terjadinya krisis persediaan makanan. Penurunan kualitas air dan krisis persediaan makanan menyebabkan timbulnya penyakit, seperti malaria, demam berdarah, dan diare.

Perubahan iklim dapat kita antisipasi salah satunya dengan adaptasi (penyesuaian) terhadap perubahan iklim yang bertujuan untuk meminimalisasi dampak yang telah terjadi, mengantisipasi resiko, sekaligus mengurangi biaya yang harus dikeluarkan akibat perubahan iklim. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk beradaptasi antara lain:

  1. Memahami kondisi cuaca dan pergerakan angin sebelum beraktivitas.
  2. Penyesuaian pola tanam yang mengikuti peruahan musim.
  3. Tidak menggali tanah yang miring di lereng bukit atau gunung untuk mencegah longsor.
  4. Bagi yang bertempat tinggal di dekat pantai, agar mewaspadai pasang air laut.
  5. Membudayakan hidup bersih dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya unuk mencegah banjir karena tersumbatnya aliran air.
  6. Membuat bak atau kolam untuk menampung hujan dan membuat sumur resapan.

Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek rumah kaca sehingga dapat memperlambat laju pemanasan global adalah:

  1. Membudayakan gemar menanam pohon dan menggunakan tanaman hidup sebagai pagar rumah.
  2. Penebangan pohon harus diikuti dengan penanaman kembali bibit pohon yang sama dalam jumlah lebih banyak.
  3. Hindari membakar sampah.
  4. Jangan membuka lahan dengan membakar.
  5. Hemat energi.
  6. Usahakan menggunakan transportasi umum dan kendaraan yang berbahan bakar ramah lingkungan.
  7. Rawat mesin kendaraan secara berkala agar emisi gas buang kendaraan baik.
  8. Bagi industri, selalu memantau emisi gas buang limbahnya.

MITOS TENTANG MEROKOK

Suatu hari di tempat praktek ada seorang pasien berkata, “Dok, saya mencari obat untuk berhenti merokok. Saya sudah kecanduan banget. Ngga bisa berhenti nih!” Hmm, andai saja ada pabrik obat yang menjual “Obat berhenti merokok” dan orang benar-benar bisa berhenti merokok karenanya.

Merokok merupakan masalah klasik yang sudah lama menghiasi kehidupan manusia. Meski rata-rata perokok sudah mengetahui bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit jantung, impotensi, kanker dan lain-lain -seperti yang tertulis pada setiap akhir iklan rokok (walaupun hanya sesaat), namun kenyataannya orang masih saja merokok. Ironisnya, akibat yang ditimbulkan bukan hanya bagi mereka yang menghisapnya, perokok pasif juga harus menanggung beban ini. Ada banyak alasan yang digunakan perokok ketika disarankan untuk berhenti. Dan alasan-alasan tersebut kini menjadi mitos yang harus dipatahkan! Nah, berikut adalah mitos-mitos seputar rokok:

Mitos 1: Dengan merokok saya terlihat macho/sexy
Tepatnya, pabrik rokok mengharapkan anda berpikir seperti itu. Mungkin awalnya memang iya, tapi tunggu saja. Merokok dapat menimbulkan kulit keriput dan gigi kuning. Merokok juga berkontribusi pada osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalau sudah begitu, tubuh tidak lagi tegap. Dan yang lebih penting, merokok dapat menyebabkan impotensi. Apa itu yang namanya macho/sexy?

Mitos 2: Berhenti merokok bisa membuat saya gemuk
Bertambanya berat badan banyak dialami orang yang mencoba berhenti merokok. Hal ini terjadi karena kebiasaan menghisap rokok kini berganti dengan makan. Namun dengan merencanakan diit gizi yang sehat dan meningkatkan aktivitas akan membantu kita memecahkan masalah ini. Bahkan, dengan olahraga, tidak hanya masalah berat badan saja yang dapat diatasi, namun stamina dan kapasitas paru yang hilang ketika merokok juga dapat dikembalikan.

Mitos 3: Saya akan berhenti ketika saya hamil
Mungkin akan lebih sulit untuk hamil bila anda merokok karena merokok adalah penyebab mayor dari infertilitas. Wanita yang merokok memiliki resiko keguguran dan komplikasi selama kehamilan yang meningkat.

Mitos 4: Merokok tidak melukai orang lain selain diri sendiri
Salah! Bila merokok di sekitar orang lain, anda telah menyakit mereka terutama yang memiliki asma, penyakit jantung, alergi atau anak-anak. Perokok pasif juga mempunyai resiko yang meningkat seperti pada perokok aktif.

Mitos 5: Saya masih muda, saya akan berhenti merokok beberapa tahun lagi
Hampir semua perokok aktif mulai merokok ketika masih muda. Dan kebanyakan dari mereka berharap dapat berhenti beberapa tahun kemudian. Namun kebanyakan masih merokok setelah lima tahun ke depan.

Mitos 6: Hanya satu rokok sehari kok
Merokok tidaklah aman sekalipun hanya 1 rokok dalam sehari. Setiap rokok mengandung sekitar 1 sampai 2 miligram nikotin yang dapat mencapai otak setelah 10 detik dihirup. Segera setelah tiupan pertama adrenalin akan sibuk meningkatkan tekanan darah, denyut jantung dan nafas anda.

Mitos 7: Rokok saya “light”, jadi ya ga masalah
Munurut
Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, rokok “light” memiliki kandungan yang sama dengan rokok pada umumnya, termasuk lead, ammonia, benzene, DDT, gas butane, carbon monoxide, arsenic dan polonium 210.

Mitos 8: Kanker Payudara adalah kanker pembunuh nomor 1 pada wanita
Tet tot! Yang benar adalah kanker paru. Meningkatnya angka kematian akibat kanker paru berhubungan langsung dengan meningkatnya rate dari merokok. Merokok juga merupakan resiko mayor pada penyakit jantung, si pembunuh nomor satu.

Mitos 9: Merokok dapat memperbaiki mood
Beberapa orang percaya rokok dapat menambah semangat, namun itu dapat menurunkan moodmu. Jika anda sedang down atau depresi, rokok dapat menempatkan anda pada resiko yang lebih tinggi untuk depresi, hiperaktivitas, dan
attention deficit disorder. Seperti pada penelitian terbaru disebutkan, remaja yang merokok memiliki resiko 4 kali yang lebih besar untuk mengalami depresi dari remaja yang tidak merokok.

Mitos 10: Mengunyah tembakau adalah aman karena tidak melalui inhalasi
Bukan hanya kanker paru yang dapat membunuh. Mereka yang mengunyah tembakau memiliki resiko untuk kanker pada rongga mulut, yang dapat mengenai lidah, bibir dan gusi. Seperti pada merokok, lebih cepat berhenti lebih besar kesempatan anda untuk meloloskan diri dari penyakit-penyakit tersebut.

mati bersama mimpi

Aku tidak akan pernah menemukan cinta
seindah cintaku padamu
Bagiku kau adalah semua yang sangat aku inginkan di dunia

Di saat malam semakin dingin
Di saat bintang tidak hadir
Kau di sini bersamaku
menghangatkanku-setidaknya hatiku-
menerangi hidupku
untuk kembali menapaki kehidupan

Semua begitu indah
Saat-saat bersamamu
Namun kau kini bagai satu cerita misteri
menghilang bersama kata-kata yang tersimpan dalam diari

Menunggumu
sepiku sendiri
di tengah perasaanku yang berkecamuk
Aku selalu yakin
Kamu akan kembali
Kembali dalam hidupku
Mewarnai emosiku
dan… akhirnya

Kaupun mati selamanya
Bersama mimpi-mimpiku
mimpi kita

modifikasi motor untuk pemula

Banyak di antara kita yang suka modifikasi motor (modif), namun banyak pula yang tidak. Rata-rata yang mengaku suka malah menjadikan hobi. Bahkan banyak pula yang akhirnya jadi maniak modif. Sebaliknya, yang tidak senang modif menganggap modif berbahaya dan menimbulkan biaya lebih (boros).

Nyatanya, hampir-hampir semua motor sudah mengalami modifikasi sedikit atau banyak. Mungkin orang tidak menyadari telah melakukan modif karena tampilan motor masih standar. Padahal sejumlah item telah mengalami perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti stang yang lebih nyaman, ganti model lampu yang lebih cakep dan terang adalah modif sederhana.

Karena itu, yang penting dari modifikasi adalah tujuan dan fungsinya. Tujuan modifikasi yang baik adalah meningkatkan kinerja dan tampilan motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya.

Lebih aman karena modifikasi yang baik akan menggunakan alat yang biasanya after market atau limbah copotan motor import yang kualitasnya lebih baik. Lebih cepat karena dengan modifikasi, baik kapasitas mesin bisa dimaksimalkan, atau kemampuan pengendalian (handling) lebih dioptimalkan. Nah, terutama ini: lebih gaya. Dengan modif, tampilan standar ga lagi culun. Perpaduan berbagai asesori maupun piranti body, ajrutan, cat, dsb, bisa membuat motor benar-benar menarik: lebih macho atau manis, tergantung selera.

Tentu saja modif butuh biaya. Tapi seperti slogan lama “there is something money can’t buy”. Kepuasan adalah segalanya….

So, kata kuncinya adalah modif ringan, sedang, berat, dan ekstrem. Tinggal pilih sesuai selera dan kantong.

Siapa yang tidak kepincut dengan motor modif ala MV Agusta F4+Yamaha R1 di edisi ini? Jika Anda tertarik modif, mulailah sekarang. Tapi awas, sekali mencoba takkan berakhir sampai motor dijual.

Silahkan mencoba!

Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra